Kamis, 01 September 2011

7 Tips Untuk Menghafal Kata-Kata Baru dengan Mudah dan Cepat



Kata,kata, kata …. begitu banyak kata bahasa Inggris yang harus dipelajari dansangat sulit mengingat semuanya. Dalam postingan kali ini saya akan memberikan7 tips dari Paul Turner yang akan manjadikan belajar dan mengingat kosa katabaru lebih mudah, lebih cepat, lebih menyenangkan, dan lebih efektif.



1.Buat jaring hubungan kata
Otakkita merekam apa yang kita baca dan mengubahnya menjadi gambar-gambar, ide-ide,dan perasaan, etc. dan selanjutnya membuat hubungan antara apa yang kita tahusebelumnya dengan informasi yang baru didapat (kata-kata dan ide-ide). Denganini kita mengingat sesuatu. Hal “baru” dipadukan dengan hal “lama”. Mari ambilcontoh sebatang pohon. Cukup mudah bagi Anda untuk melihat sebatang pohon besardengan banyak ranting dan daun dibanding melihat sebatang pohon kecil denganranting dan daun yang sangat sedikit, benar bukan? Nah begitu juga dengan otakAnda. Ketika Anda menghubungkan sebuah kata atau ide baru dengan sesuatu yangtelah Anda ketahui sebelumnya akan menjadi lebih mudah bagi otak Anda untukmenemukan (melihat) nya ketika Anda perlu mengingatnya. Bagaimana Anda dapatmelakukan ini? Mudah. Buat sebuah Jaring Ide. Mulai dengan sesuatu yang Andaingin ingat (kata, ide, kalimat) di bagian tengah sebuah kertas. Kemudian buat garis-garisdarinya seperti sebuah jaring laba-laba. Pada ujung setiap garis tulis ide ataukata apa saja atau bahkan gambar apa saja yang muncul dalam pikiran Anda ketikaAnda mengatakan kata atau ide yang ada di bagian tengah. Apapun yang Andapikirkan tidak masalah…. tuliskan saja.

Inihanya memerlukan waktu sekitar 2 menit. Sekarang semua kata/ide terhubung dalampikiran Anda. Jika Anda melihat atau mendengar salah satu diantaranya itu akanmembantu otak Anda mengingat semua kata yang lain. Agar tips ini benar-benarberfungsi, Anda bisa berbicara kepada diri Anda sendiri tentang bagaimanamasing-masing kata/ide saling berhubung dengan yang lainnya. Semakin banyakAnda melakukan ini semakin banyak pula koneksi yang Anda buat. Banyak koneksiakan menjadikan sangat mudah bagi otak Anda untuk “melihat ” kata yang inginAnda panggil ketika Anda mencoba untuk mengingatnya.

2.Ingat dalam gabungan (kolokasi)
Mengingatkata penting tetapi Bahasa Inggris merupakan sebuah bahasa dan bahasa bukansekedar fakta-fakta yang harus diingat; Bahasa adalah untuk digunakan orangmenyatakan ide-ide mereka dan untuk berkomunikasi. Jadi, carilah contoh tentangbagaimana setiap kata digunakan dalam teks Anda. Tulis beberapa kata sebelumdan setelah kata yang bersangkutan sehingga anda mengingat bagaimana iadigunakan. Contoh: jika kata yang ingin anda hafal adalah “arrogant”tuliskanlah sesuatu seperti ini …. “the tall, arrogant man”… Ini akan membantuAnda mengingat bahwa kata “arrogant” merupakan sebuah adjective (kata sifat)dan sehingga ia menjelaskan orang. Hal berikutnya yang harus dilakukan adalahmembuat 3 kalimat lengkap dengan kata tersebut untuk mempraktikkan penggunaannya.

3.Menggunakan gambar-gambar
Buatgambar-gambar kecil yang menunjukkan makna dari kata yang ingin Anda hafal jikaAnda bisa menggambar. Mungkin terkesan ganjil tapi tips ini benar-benarberfungsi. Otak kita memiliki begitu banyak informasi “normal” yang datangsetiap saat sehingga jika Ada gambar yang terkesan aneh maka tentu itu “tidaknormal” bagi otak sehingga akan selau diingat. Otak kita juga dirancang khususuntuk menangkap dan memahami informasi visual dengan cepat. Jadi, buatlahgambar lucu yang menunjukkan makna dari kata yang ingin Anda hafal dan otakAnda akan mengingatnya dengan mudah.

4.Membuat cerita “gila”
Seringbanyak yang mengatakan terlalu banyak kata baru yang harus diingat. Ada satutrik ingatan yang Anda bisa gunakan untuk melakukan ini. Buatlah sebuah cerita“gila” yang menggunakan semua kata-kata yang ingin Anda ingat. Gambarkan dalampikiran Anda ketika anda membuat cerita tersebut. Kita bisa mengingat ceritadengan mudah, khususnya cerita “gila” yang kita bisa bayangkan secara rincidalam pikiran kita. Ulangi cerita tersebut dan Anda akan mengingatkata-katanya. Ketika Anda membuat cerita tersebut hubungkanlah kata-kata yangada dengan cara yang lucu. Contoh, jika Anda ingin mengingat kedua puluh kataberikut:

shoes,piano, tree, pencil, bird, taxi, books, driver, dog, pizza, flower, basketball,door, television, spoons, chair, jump, dance, computer, stone . . .

Andabisa membuat sebuah cerita seperti ini:

Thereis a piano wearing shoes and climbing
a tree. The tree is strange becausesomeone has stuck a giant pencil through it. On the pencil a bird is sittingand watching a taxi full of people reading books. Even the driver is reading abook which is bad because he isn’t paying attention to driving. So, he hits adog that is eating a pizza in the middle of the road and kills it. The driverdigs a hole and buries the dogflower on it. He notices that there is a door inthe dog’s grave and opens it. Inside he can see a television with 2 spoons forantennas on top of it. No one is watching the television because they are allwatching the chair. Why? Because the chair is jumping and dancing and throwingstones at the computer. in it and then puts a

Cobalah.Anda akan tercengang dengan efeknya.

5.Memisah bagian-bagian kata
Gunakanawalan, akhiran, dan kata dasar untuk menebak arti sebuah kata. Contoh:

AnggapAnda mungkin tidak tahu arti kata “microbiology” tetapi Anda bisa menebak apaartinya. Pertama-tama, perhatikan awalan “micro”. Micro berarti sangat kecil.Anda mungkin juga mengingat bahwa “ology” berarti sebuah subjek, kajian tentangsesuatu. Jadi kita tahu bahwa sebagian dari kata ini berarti “kajian tentang” +“sesuatu yang kecil”. Sekarang, Anda mungkin mengingat bahwa “bio” berartisegala sesatu yang hidup. Jadi kita bisa menentukan bahwa microbiologykemungkinan berarti kajian terhadap makluk hidup yang sangat kecil. Ini benar.Bahasa Inggris seperti sebuah puzzle – kita meletakkan pototongan-potonganbersama-sama untuk membantuk kata baru. Jadi jika Anda ingin menghafalkata-kata dengan awal yang sering Anda lihat (un-, dis-, con-, micro-, etc.)dan kata dengan akhiran yang sering anda lihat (-able, -ly, -ent, -tion, -ive,etc) dan mengingat apa artinya, maka Anda akan mampu menebak apa arti daribanyak kata.

6.Pikirkan dan pelajari yang berlawanan
Pelajarilahkata-kata yang maknanya berlawanan (antonim) dan kata-kata dengan makna mirip(sinonim). Sebagai contoh, pelajari angry/happy (antonim) dan angry/cross(sinonim) secara bersama-sama. Kita bisa mengingat hal-hal yang serupa danberlawanan dengan mudah karena “terpadu” dalam pikiran kita.

7.Waktu adalah segala-galanya
Menurutpara ahli psikologi yang mengkaji bagaimana kita mengingat apa saja, terdapatcara yang lebih baik utuk mempelajari sesuatu dengan cepat dan secara permanen.Gunakan kata baru dengan segera. Gunakan 10 menit kemudian. Gunakan 1 jamkemudian. Gunakan 1 hari kemudian. Gunakan 1 pekan kemudian. Setelah itu,jarang menggunakannya lagi tidak apa-apa – kata baru tersebut telah menjadimilik Anda selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar