Jumat, 09 September 2011

Manfaat Mandi Untuk Kesehatan Badan

DokterSehat.com– Ternyata mandi juga tidak cuma segar tapi juga berkhasiat. Penelitianmengenai mandi bahwa selain untuk membersihkan tubuh ternyata memiliki peranandalm meningkatkan sistem kekebalan, mencegah penyakit kulit, bahkan untukmenyembuhkan masalah medis yang serius.

ManfaatMandi untuk Kesehatan
Berikut beberapa manfaat mandi bagikesehatan yang perlu kamu ketahui, petunjuk mandi asyik dan menyehatkan:

Mengeluarkanracun
Mandi air hangat sekitar 32-35 derajatCelsius membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin. Mandi airhangat juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakitotot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkanselama 10-20 menit.

MeredakanStress
Jika anda benar-benar mengalami stress,mandi air dingin akan menjadi jawaban yang tepat. Temperatur yang dianjurkansekitar 12-18 derajat Celsius. Mandi air dingin sangat baik meredakanketegangan, sebaliknya dari air hangat karena mandi air dingin dapatmempersempit darah dan meningkatkan tingkat gula darah.

MengatasiPenyakit Eksema
Penyakit kulit tertentu seperti eksema,ruam atau gatal-gatal dengan menambahkan baking soda (sodium bicarbonate) kedalam bak mandi dapat membuat perbedaan besar. Sodium bicarbonate bertindaksebagai antiseptik. Isi air dengan air hangat kuku, tambahkan kira-kira satupound baking soda dan aduk sampai rata. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit.

MenyembuhkanInfeksi
Infeksi yeast seperti sariawan dapat dibantudengan menambahkan tiga atau empat cuka dari sari buah apel ke dalam bak mandi.Ini juga baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena cuka dapatmenyeimbangkan kembali asam. Tambahkan pada air hangat dan berendam selama15-20 menit.

*Flu dan Sakit Kepala
Merendam kaki dalam air hangat dapatmembantu menyembuhkan flu dan sakit kepala dan juga menyegarkan kembali kakiyang lelah. Masukan air hangat secukupnya dalam bak sampai menutupi kaki danpergelangan kaki tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermintatau lemon. Setelah selesai basuh dengan air dingin. Lakukan selama 10-20menit.

MengatasiInsomnia
Merendam kaki dalam air dingin sangatbaik bagi anda yang memiliki masalah insomnia atau mereka yang memiliki masalahtidur. Masukan kaki sampai kaki merasa dingin. Pengobatan ini juga berguna bagikaki lelah, pendarahan hidung, flu dan sembelit.

MelancarkanSirkulasi
Cobalah merendam kaki secara bergantianantara air hangat dan air dingin jika anda mengalami masalah sirkulasi. Mulaidengan merendam kaki selama satu atau dua menit dalam air hangat, kemudian 30menit dalam air dingin. Cobalah lakukan selama 15 menit kemudian diselesaikandengan air dingin.

Begitu banyak Manfaat Mandi untukKesehatan dan Mengatasi Penyakit yang amat berguna bagi kesehatan tubuhmanusia. Mulailah dari sekarang rajin mandi, buang kebiasaan malas mandi yah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar