Jumat, 09 September 2011

Pengenalan Dasar Tentang Apa Itu WordPress

Tak kenal maka tak paham, hohohoooo sebagai pengguna baru kita sebaiknya mewajibkan diri untuk mengenal apa itu WordPress dari dalam dan dasarnya terlebih dahulu. Mungkin itu akan sedikit memudahkan kita dalam langkah mengoperasikan dan mengoptimanya nanti. Sampai dengan saat ini saya sendiri sudah mencoba beberapa platform blogging ternama seperti Blogger, Joomla, Drupal dan WordPress ini sendiri. Sayangnya hanya blogging dengan menggunakan Blogger dan WordPress lah yang paling membuat saya tertarik.



WordPress Itu Apa Sih ?


WordPress merupakan salah satu jenis CMS yang populer di samping BlogspotDrupal, Mambo dan Joomla. Berbeda dengan blogspot yang menggunakan bahasa pemrograman HTML dan XML, wordpress dibuat dalam bahasa PHP dan menggunakan database MySQL. WordPress adalah salah satu CMS yang sangat cepat mengalami perubahan system lebih tepatnya rilis versi wordpress dari satu versi ke versi lainnya sangat cepat, mulai dari versi wordpress Versi 2.0 sampai sekarang wordpress versi 3.0.4.




WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data(database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman ketua pengembang (developer), Matt Mullenweg. wikipedia-->



Yup WordPress adalah sebuah software, WordPress mempunyai beberapa fitur sebagai salah satu komponen dan pelengkap dari sebuah aplikasi. Fitur yang bersifat dinamis, hal ini disebabkan adanya perbaikan bahkan perombakan dari versi lama ke versi yang lebih baru. Namun secara umum fitur wordpress ini dapat dituliskan sebagai berikut:




  1. Merupakan sebuah Content Management System (CMS)

  2. Lisensi GNU General Public License sehingga dapat didownload secara bebas (gratis)

  3. Support dokumentasi yang lengkap dan komunitas yang banyak

  4. Support dengan berbagai bahasa, bahkan untuk sekarang ini bukan hanya bahasa Indonesia yang telah disupport akan tetapi WordPress dalam bahasa Sunda pun sudah tersedia.

  5. Fasilitas pencarian yang komprehensif.

  6. Administrasi dan maintenance sangat mudah

  7. Kemudahan posting dengan dukungan WYSIWYG (What You See Is What You Get) editor.

  8. Kemudahan mengimport data dari sistem blog lainnya.

  9. Menggunakan interface XML RPC yang memungkinkan posting dari mana saja.

  10. Sindikasi otomatis dengan Atom dan RSS

  11. Support kategori dan sub kategori yang tak terbatas


Referensi artikel: http://blogenius.net/mengenal-wordpress-lebih-jauh/

Semoga bermanfaat dan tetap semangat . . . . . ,

:-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar