Jumat, 09 September 2011

Cara Mudah Instal WordPress Dari Cpanel

Ada dua cara yang sudah saya gunakan saat ingin menciptakan blog Kenapa Tidak ? ini, yang pertama adalah menginstal WordPress secara manual dengan mengandalkan FTP, MySQL dan File Manager hosting.   Dan yang kedua adalah dengan mengandalkan layanan Softaculous yang sudah tersedia di cpanel.



Cara Pertama


Persiapan;




  1. Domain dan hosting.

  2. Download WordPress terbaru dari sini.

  3. Download FileZilla disini.


Instalasi;



  1. Dari cpanel masuk ke menu FTP Accounts untuk membuat akun FTP.

  2. Sama seperti langkah pertama yakni dari cpanel masuk ke menu MySQL@ Database untuk membuat akun MySQL.

  3. Unzip WordPress, Instal fileZilla, dan jalankan programnya untuk mengupload semua berkas yang ada di dalam folder WordPress tadi, upload ke root "public_html" di File Manager hosting (liat gambar). Oya, kita bisa kembali ke menu FTP Accounts --> Configure FTP Client = untuk mengetahui data Host, Username, Password dan Port yang harus diisi pada saat akan menggunakan FileZilla.

  4. Selanjutnya tinggal kunjungi http://DomainAnda.com untuk memulai instalasi WordPress-nya.

  5. Selesai . . . .


[gallery target="_blank" link="file"]



 


Cara Kedua


Nah sebenarnya cara inilah yang menurut saya cara paling mudah instal wordpress di hosting premium atau berbayar, karena kita tidak perlu lagi repot-repot mempersiapkan dan melewati semua langkah pada "Cara Pertama" diatas. Yup tinggal masuk ke cpanel, menuju ke kolom Software / Services. Biasanya disana sudah di sediakan beberapa aplikasi untuk mengelolah, mengatur dan membuat bermacam-macam jenis web secara instan. Fantastico Autoinstaller dan Softaculous adalah aplikasi yang paling sering digunakan.

 
Semoga bermanfaat dan tetap semangat . . . . . ,

:-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar